Pasar Amahami, Karya Nyata H.Man Dan H.Qurais, Kini Pusat Perbelanjaan Familiar Ditelinga Masyarakat NTB

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pasar Amahami, Karya Nyata H.Man Dan H.Qurais, Kini Pusat Perbelanjaan Familiar Ditelinga Masyarakat NTB

Senin, 21 Oktober 2024

 


Foto Peresmian Pasar Amahami Kota Bima Oleh Presiden RI Joko Widodo, Jum'at 29 April 2016 (Dok.londapost).


Kota Bima. Londa Post.- Pasar Amahami Kota Bima statusnya kini sebagai pasar Sentral pusat perbelanjaan yang sangat familiar di telinga masyarakat, baik dimanfaatkan warga Kota Bima, juga bagi daerah - daerah lain di NTB seperti para pedagang buah asal Lombok datang ke pasar Amahami.

Tidak hanya itu. Lokasi Pasar Amahami merupakan salah satu kawasan perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat. Letaknya sangat strategis, karena berada di pusat kota dan dekat dari Pantai Lawata dan Pantai Amahami.

Mari simak asal muasal berdirinya Pasar Amahami ini, agar publik lebih terinspirasi betapa hebatnya pemimpin Kota Bima dimasa H.Qurais H.Abidin bersama H.Arahman H.Abidin yang saat ini kembali berada dipanggung pesta Demokrasi Pilkada Kota Bima 2024 berpasangan dengan mantan Ketua DPRD Kota Bima yang juga mantan Wakil Walikota Bima 2018-2023 Feri Sofian, SH

Pasar Amahami Kota Bima diresmikan berdirinya oleh Presiden Jokowidodo pada 29 April 2016. Dan di P.Sumbawa NTB, hanya pasar Amahami Kota Bima satu-satunya Pasar yang mendapat suntikan dana Tugas Pembantuan(TP) dari Kementerian perdagangan RI saat itu. Hal ini berkat kekuatan komonikasi yang dibangun Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima saat kepemimpinan Qurais-Man.

Dari berbagai sumber dihimpun Londa Post termasuk mantan Kadis Koperindag saat itu Drs. Kaharuddin, yang juga sebagai Media Masa yang lahir tahun 2008, Londa post terus mengkawal kegiatan pembangunan daerah ini. Anggaran TP dari pusat ini sebesar 47,700 mlyr berturut-turut selama 5 tahun yaitu 2013-2017 kolaborasi 3 kementerian terkait yaitu Kemenkoperasi, Kementerian Perindustrian dan kementerian perdagangan.

Adapun sasaran visi misi kepemimpinan Qurais-Man saat itu menuju perubahan Kota Bima," Terwujudnya peningkatan perekonomian masyarakat dengan dukungan dunia usaha yang mandiri, inovatif dan berdaya saing”. Rentetan program pro rakyat yang ditorehkan H.Man dan H.Kurais ini, termasuk revitalisasi sejumlah pasar-pasar lainya seperti:  Pembangunan sarana prasarana perdagangan Kios di Pasar Amahami, Pasar Penaraga, Pasar Kumbe dan pasar Raba. 

Tidak hanya itu. Catatan Londa Post, detail sasaran penganggaran bantuan dari Dana TP-Pusat sudah terwujud diantaranya; Pasar Amahami dari Kementerian Perdagangan, Pasar Penaraga dari kementerian Koperasi, Lapak di Ni'u dari Kementerian Koperasi, Gedung Plut dari Kementerian Koperasi, Gedung IKN Penaraga dari Kementerian Perindustrian dan Rumah Tenun dari kementerian Perindustrian.

Kesuksesan Torehan Pembangunan yang ada di Kota Bima yang dirasakan oleh masyarakat saat ini, adalah goresan tangan H.Man saat mendapingi Walikota Bima H.Qurais dan juga Kolaborasi elok dengan Lembaga legislatif yang mengawasi saat itu dibawah pimpinan Feri Sofian, SH selaku Ketua DPRD Kota Bima. Sejatinya 3 Putra Daerah inilah yang sudah banyak berjasa memajukan Kota Bima.

MARI SIMAK "LONDA POST" MENCOBA MENGUNGKAP FAKTA kesuksesan H.Arahman Calon Walikota Bima 2024 secara keseluruhan bersama H.Qurais H.Abidin juga disaat Calon Wakil Walikota Bima PAKET MAN-FER 2024, FERI SOFIAN,SH Ketua DPRD Kota Bima.

Karya H.M.Qurais adalah Karya H.Man. Pasangan dua bersaudara Pimpinan Daerah Kota Bima 2 (dua) periode diakui secara nasional Paling akur menjalankan Roda Pemerintahan daerah di Indonesia. Bahkan keduanya tidak pernah sedikitpun tersandung urusan Hukum serta mengakhiri jabatan keduanya berjalan aman dan nyaman di tahun 2018.

Berikut Catatan Khusus Media "Londa Post " bermitra baik dengan Pemkot Bima yang mengkawal jalanya Roda Pembangunan Daerah Kota Bima selama H. MAN Menjabat Pimpinan Daerah (Wawali) Kota Bima.

1.Pembangunan PLUT Ama Hami, 2. Pasar Ama Hami hingga diresmikan oleh Presiden RI. Jokowidodo, 3. Lakip B 2016 Pertama di NTB untuk Kota Kabupaten, 4. Juara Nasional Lomba Kelurahan, 5. Zakat Profesi ASN, 6. Kantor Imigran, 7. Satu Jalur Soekarno Hatta dan Gajah Mada, 8. Jln lingkar Ama Hami, 9. Penerangan Jln Ama Hami, 10. Etos Kerja dan Didisiplin Kerja Tinggi ASN, 11. Aspal jalan Dodu-Sape, 12. Aspal Jalan Kabanta Nungga, 13. Peningkatan mutu Jalan Melayu-Kolo. Pembangunan Baru sejumlah Kantor Kelurahan seperti kantor Lurah Dodu.

14. Penataan Kelurahaan Oi Fo'o, 15. Penataan Asset Daerah, 16. Juara Umum MTQ Prop NTB, 17.Pagu Dana untk MTQ tinggi, 18. Menurunkan angka kemiskinan dibawah rata2 nasional, 19. Walikota dan Wakil Walikota kakak adik satu-satunya di indonesia paling Akur, 20. Sukses bangun Rusunawa, 21. Jembatan dan jalan Padolo 3, 22. Kota Tangguh bencana dari BNPB, 23. Perluas dan percantik Pelabuhan Bima, 24. Mampu menghadirkan Menpan untuk insperktur Hut Kota Bima. Dan yang menarik lainya Masjid Terapung Kota Bima. Bahkan Kota Bima 2016, Meraih juara 1 Nasional Pembina Terbaik Pemuda Karang Taruna diseluruh Kabupaten/ Kota Se- Indonesia.

Catatan dan deretan kesuksesan H.Man tersebut diatas, menjadi kilas balik referensi perbandingan publik daerah ini, agar dijadikan alat ukur pada hari H pelaksanaan Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya. Dengan fakta ini, lantas siapa lagi kalau bukan H.Man yang layak menakhodai roda pemerintahan Kota Bima ini.

Salah seorang Tokoh Bima yang juga mantan Ketua DPD KNPI Kota Bima Syarifuddin Lakuy, SH,MH dimintai tanggapan atas figur H.Man Calon pilkada kota Bima ini mengatakan; pihaknya menilai obyektif siapapun calon pilkada kota bima nantinya adalah putra putri terbaik daerah ini, tentu memiliki komitmen kuat memajukan daerah.ungkapnya.

Terkait figur H.A.Rahman H.Abidin,SE, pihaknya tidak meragukan lagi memimpin daerah ini jika Tuhan berkendak," Sederet keberhasilanya selama menakhodai Kota Bima bersama kakaknya H.Qurais 2 periode, seluruh kebijakan pembangunan pro rakyat tak terbantahkan, jalan jembatan, sektor pertanian dan pendidikan, kesehatan hingga stabilitas ekonomi rakyat daerah ini selalu terjaga, termasuk meraih berturut-turut 4 kali WTP dari BPK -RI dalam kehebatan pengelolaan keuangan daerah." Ungkap Praktisi Hukum bima ini. ( Jev Londa ).