Penunjukkan Pj Walikota Bima Bisa Lebih Cepat Dari Tanggal 26 Agustus 2024

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Penunjukkan Pj Walikota Bima Bisa Lebih Cepat Dari Tanggal 26 Agustus 2024

Jumat, 26 Juli 2024

 

Kota Bima. Londa Post.- Hentakan Bola Panas terus bergelinding menyertai pengunduran diri Pj Walikota Bima Mohammad Rum sejak 10 Juli 2024 baru lalu, siapa sebenarnya yang dihendaki Mendagri Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Pengganti antar Waktu Pengendali sementara Roda pemerintahan Kota Bermotto "Maja Labo Dahu" ini.

Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum sudah resmi mengajukan surat pengunduran diri dari Jabatanya dengan alasan ikut Kontestasi Pilkada Kota Bima 2024 mendatang pada 10 Juli 2024 baru lalu. Namun dibalik pengunduran diri Pj Walikota Bima HM.Rum, sudah dilakukan Pengusulan ulang 3 nama calon pengganti Pj Walikota Bima oleh DPRD Kota Bima untuk mengganti pj walikota Bima yang mengundurkan diri ke Mendagri Ri untuk dilakukan Verifikasi dan penilaian sekaligus penentu akhir salah satu 3 nama untuk direkom sebagai Pj Walikota Bima pengganti antar waktu.


Sebagaimana dukutip arahan mendagri Tito Karnavian yang mengatakan, penunjukan penjabat (pj) gubernur, bupati, walikota melalui proses yang panjang sebagaimana diatur dalam undang-undang. Proses itu dimulai dari penjaringan nama-nama calon. Pada tahap ini, klaim Tito, pihaknya mendengar usulan atau masukan dari masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

Atas dasar ini" Media Londa Post" mencoba meminta isi hati dan suara masyarakat, para tokoh terkemuka tanah Bima, DAN sebelumnya DIBERITAKAN LONDA POST EDISI 19 MEI 2024 LALU, yang pada umumnya menyuarakan bahwa penjabat pengganti Pj Walikota Bima HM.Rum nantinya adalah Figur Putra Daerah yang memahami karakteristik dan budaya daerah. Kebetulan nama Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa adalah figur calon pj walikota Bima yang diusulkan Rakyat melalui DPRD Kota bima senin 7 juli 2023 di Kemendagri RI dari 3 nama calon yaitu Edy Suharmanto, Ir.Mohammad Rum dan H.Muhtar Landa. 

Keterlambatan Penunjukkan pengganti antar Waktu (PAW) Pj Walikota Bima saat ini, tidak hanya menimbulkan berbagai spekulasi publik. Juga lebih dahsat lagi muncul kritikan tajam dan salah kaprah dari sejumlah pihak daerah ini terkait penempatan Baliho H.M.Pj walikota Bima disejumlah titik strategis daerah ini bertuliskan " Mohammad Rum Calon Walikota Bima berikut dengan pasanganya sebagai calon Wakil walikota Bima Pilkada 2024, pada hal statusnya masih ASN alias belum mendapat SK Resmi persetujuan Kementerian sebagai ASN Purna tugas (pension).

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB Ir. Lalu Hamdi, M.Si. selaku pejabat berwenang dalam memberikan informasi publik khusus Pergantian antar Waktu (PAW) PJ Kepala Daerah lingkup pemprov NTB dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengaku mengetahui usulan 3 nama calon Pj Walikota Bima oleh DPRD Kota Bima. " Yah..sudah kita ketahui, untuk 3 nama usulan DPRD Kota Bima Calon pj walikota Bima ke mendagri." Ucapnya.

Ditanya siapa saja 3 nama usulan Pemprov sebagai kandidat calon pj walikota Bima, pihaknya enggan detail menjelaskan." Yang pasti Pemrov juga mengiringi usulan DPRD Kota Bima dan ada nama Drs.H.Muhtar landa, beliau juga sebagai Sekda, tidak diragukan lagi dalam hal pengalaman bidang Pemerintahan, namun itu semua tergantung kemendagri." Ucapnya.

LONDA POST mencoba mengorek dengan bidikan perntanyaan, diperkirakan kapan SK penunjukan PAW Pj walikota bima, pihaknya tidak bisa memastikan." Yah kalau soal waktu adalah kewenangan mendagri, dan batas akhir 26 Agustus 2024 dan juga bisa jadi dipercepat sebelum tanggal 26 agustus, tergantung pihak Mendagri." Ucap Karo Tatapem Pemprov NTB via hp londa post Kamis 25 Juli 2024 kemarin. (Jev londa).