Mantan Kepala BKD Prop NTB: Sekda Kota Bima Tak Diragukan Menjabat Pj Walikota Bima

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Mantan Kepala BKD Prop NTB: Sekda Kota Bima Tak Diragukan Menjabat Pj Walikota Bima

Minggu, 21 Juli 2024

 


                        Drs. Muhammad Nasir
                      Mantan Kepala BKD Prop NTB


Kota Bima. Londa Post.- Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum sudah resmi mengajukan surat pengunduran diri dari Jabatanya 10 juli 2024 baru lalu, dengan alasan ikut Kontestasi Pilkada Kota Bima Nopember 2024. Namun dibalik pengunduran diri Pj Walikota Bima HM.Rum, sudah dilakukan Pengusulan ulang 3 nama calon pengganti Pj Walikota Bima oleh DPRD Kota Bima untuk mengganti pj walikota Bima yang mengundurkan diri ke Mendagri Ri untuk dilakukan Verifikasi dan penilaian sekaligus penentu akhir salah satu 3 nama untuk direkom sebagai Pj Walikota Bima pengganti antar waktu.

Atas dasar ini" Media Londa Post" mencoba meminta isi hati dan suara masyarakat, para tokoh terkemuka tanah Bima, DAN sebelumnya DIBERITAKAN LONDA POST EDISI 19 MEI 2024 LALU, umumnya menyuarakan bahwa penjabat pengganti Pj Walikota Bima HM.Rum nantinya adalah Figur Putra Daerah yang memahami karakteristik dan budaya daerah. Kebetulan nama Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa adalah figur calon pj walikota Bima yang diusulkan Rakyat melalui DPRD Kota bima senin 7 juli 2023 di Kemendagri RI dari 3 nama calon yaitu Edy Suharmanto, Ir.Mohammad Rum dan H.Muhtar Landa. 

Diantara sejumlah Tokoh Bima yang berharap Mendagri RI menempatkan Sekda Kota Bima menjadi Pj Walikota adalah: 

1. DR.Nasution, M.Pd, Rektor Universitas Nggusu Waru Bima. 2. Alfian Indrawirawan,S.Adm, Ketua DPD II P.Golkar Kota Bima,3. Drs H. Tajudin, mantan Sekda Kota Bima, 4. Casman,SH,MH (Praktisi Hukum senior tanah Bima), dan Mantan kepala BKD Prop NTB Drs.Muhammad Nasir.

DR.Nasution kepada Londa Post mengatakan, Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar Landa adalah pejabat Eselon IIa didaerah yang cukup memahami kondisi masyarakat terutama kalangan Birokrasi, juga figur komonikatif dan membangun komonikasi dengan kalangan Akademisi di daerah cukup baik selama ini, tentu kami pihak akademisi berharap Sekda Kota Bima cocok memimpin daerah ini sebagai Pj Walikota Bima." Jelas DR.Nasution Via Hp Londa Post 17 Juli 2024 Rabu baru lalu.

Ketua DPD II Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan,S.Adm yang juga Ketua DPRD Kota Bima, dikonfirmasi Londa Post, mengaku sependapat dengan pandangan Akademisi terkait figur Sekda Kota Bima cocok menjadi Pj Walikota Bima. " Kami di DPRD Sudah diajukan 3 nama yaitu Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa, DR.Muh Sumitro dan Ir.Natsir, sementara figur Sekda Drs. H.Muhtar adalah pilihan Fraksi Golkar." Ucapnya.

Tokoh masyarakat Kota Bima yang juga mantan Sekda Kota Bima, Drs.H.Tajudin kepada media ini mengatakan, pihaknya selaku mantan pejabat tinggi di daerah ini sangat mengenal dan tau persis rekam jejak Sekda Kota Bima Drs. H.Muhtar Landa." Pak Muhtar cukup berpengalaman dan memahami kondisi birokrasi, dan pernah menduduki jabatan Plt Walikota Bima 2018. Apalagi yang bisa kita ragukan." Ucapnya.

Sementara Tokoh muda tanah Bima yang juga Praktisi Hukum senior Casman,SH,MH juga menilai, pihaknya sangat setuju jika Pj Walikota Bima dijabat Sekda Kota Bima H.Muhtar." Pak Sekda sudah memahami karakter masyarakat Kota Bima, apalagi kalangan birokrasi, dan Sekda H.Muhtar pasti diterima semua elemen masyarakat kota Bima untuk menduduki jabatan sementara sebagai Kepala Daerah pengganti antar waktu dari pengunduran diri Pj Walikota Bima H.Rum." jelas Casman.

Berikut penilaian dan tanggapan mantan pejabat tinggi Pemrov NTB yang juga mantan kepala BKD Pemprof NTB Drs. Muhammad Nasir terkait sosok Sekda Kota Bima Drs. H.Muhtar,MH.

"Menurut penilaian pribadi saya, sangat tepat pak sekda jadi pj walikota Bima, karena pengalaman kultur budaya bima sudah sangat paham disertai pengalaman mengelola birokrasi sudah teruji, dan saya pernah 2 kali menguji kompetensi beliau dan hasilnya memuaskan, dan satu hal yang harus di pegang teguh oleh Sekda Kota Bima jika dipercaya Pj Walikota Bima, jaga netralitas ASN." Ucap Nasir. (Jev londa).