BOLA PANAS CALON PJ WALIKOTA BIMA MULAI BERGELINDING DIRUANG PUBLIK, MUHTAR - SUMITRO SAMA HEBAT

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BOLA PANAS CALON PJ WALIKOTA BIMA MULAI BERGELINDING DIRUANG PUBLIK, MUHTAR - SUMITRO SAMA HEBAT

Jumat, 12 Juli 2024


        DR. Muh.Sumitro             Drs. Muhtar, MH


Kota Bima. Londa Post.- Gembar gembor bagai bola panas bergelinding diruang Publik se-antero Tanah Bima saat ini. Dari 3 (tiga) nama di-usulkan DPRD Kota Bima yaitu; Drs.H. Muhtar, MH Sekda Kota Bima, Ir. H. Muhammad Nasir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima dan Dr. Muhammad Sumitro, SH, MH Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Republik Indonesia. 

Kini mengerucut 2 (dua) nama
yang diperbincangkan publik daerah ini bakal menduduki Jabatan Top Eksekutif  selaku Penjabat (Pj) Walikota Bima Pengisi Jabatan Kosong dari pengunduran diri Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum yang mengikuti Kontestasi Pilkada Kota Bima Nopember 2024 mendatang.

 Dalam kurun waktu tidak lebih dari satu bulan kedepan, Sosok Penjabat (Pj) Walikota Bima pengganti antar waktu ini, masih menyimpan misteri. Siapa sosok pejabat yang bakal menduduki Jabatan orang nomor satu di Jajaran Pemerintah Kota Bima ini. 2 Sosok Pejabat Birokrasi Muhtar-Sumitro tersebut, adalah Putra Asli Tanah Bima

Drs. Drs. H.Muhtar Landa,MH yang kini menduduki Jabatan: Sekda Kota Bima Dan Dr. Muhammad Sumitro, SH, MH, Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Republik Indonesia. Lantas apa saja gambaran kehebatan 2 (dua) Pejabat Birokrasi ini. 

(1). Drs.H.Muhtar,MH, Sekda Kota Bima lahir di Bima tanggal 31 Mei 1969. Dia tumbuh besar dan menempuh masa pendidikan di Bima mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Jenjang karier Mukhtar pertama kali diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1990 dengan pangkat atau golongan pengatur muda (II/a). Selama 28 tahun berkarier sebagai PNS, ada sebelas jabatan yang diamanahkan kepadanya.

Mukhtar juga dua kali dipercaya sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha, yakni di SMIKN Bima tahun 1996 hingga 1998, dan di SMEAN Bima tahun 1998 hingga 2003.

Pada bulan Februari 2003, Drs. H. Mukhtar, MH, mendapatkan amanah sebagai pejabat struktural pada Bagian Kepegawaian Setda Kota Bima, tepatnya sebagai Kepala Sub Bagian Diklat.

Jabatan ini diemban selama lebih kurang 1 tahun 7 bulan yakni hingga September 2004, dilanjutkan dengan menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Mutasi pada Unit Kerja yang sama selama tahun 2004 hingga 2007.

Pada tahun 2007, Bagian Kepegawaian tidak lagi menjadi unit kerja pada Sekretariat Daerah Kota Bima, melainkan telah meningkat statusnya menjadi sebuah Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan nomenklatur Badan Kepegawaian Daerah Kota Bima.

Pada SKPD ini Mukhtar sempat menjabat sebagai Kepala Bidang Mutasi selama satu tahun sejak November 2007 hingga Oktober 2008, lalu sebagai Sekretaris BKD yang dijabatnya hingga tahun 2010.

Ia pun sempat dipercaya sebagai Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kota Bima selama 2 tahun yakni tahun 2010 hingga 2012, sebelum akhirnya kembali ke BKD Kota Bima sebagai Kepala Badan. Jabatan sebagai Kepala BKD diemban cukup lama yakni sejak Oktober 2012 hingga Januari 2016. 

Selanjutnya ia diberi amanah memimpin Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Bima selama lebih kurang 1 tahun yakni sejak Januari hingga Desember 2016. DAN MUHTAR LANDA Pernah menduduki Jabatan Plt Walikota Bima pada tahun 2018 (transisi) akhir masa Jabatan Walikota Bima H.M.Qurais H.Abidin, dan saat ini didukung sejumlah tokoh Bima.

2. DR. Muhammad Sumitro,SH,MH, merupakan putra bima yang dilahirkan dari pasangan saima dan h. Muhiddin di desa ntori kecamatan wawo. Merupakan almuni sma 1 bima angkatan 87, melanjutkan studi ilmu hukum di UNRAM tahun 1987 jurusan Hukum Tata Negara. Disamping kuliah aktif pada organisasi Menwa Rinjani. 
Memiliki istri yang memiliki latarbelakang pendidikan Al Quran di Institut Ilmu Alquran Jakarta, merupakan qoriah nasional (pernah meraih juara 1 MTQ tingkat perguruan tinggi), dan sering rekaman di RRI dan TVRI serta sering terlibat di kegiatan di masjid istiqlal Jkaarta dengan sesama qori dan qoriah alamuni PTIQ dan IIQ.

Setamat kuliah tahun 1992, mengadu nasib di jakarta dengan dengan niat awal untuk mendaftarkan diri mengikuti wamil, namun Allah berkehendak lain, pada tahun 1992 mengikuti seleksi pns dan diangkat pada tahun 1993. selama berkarier sebagai pns, diawali kariernya sebagai kasub sekuriti. Pada saat sebagai kasubag sekuri , disamping mengikuti pendidikan tentang pengamanan, juga penah mengikuti pendidikan dasar reserse intelijen. Selanjutnya diangkat dalam jabatan kasubag protokol dan hubungan antara lembaga, kasubag hukum dan kerjasama.

Pada saat menjabat sebagai direktur sdm , memiliki pengamalam merumuskan kebijakan tentang sdm kearsipan yang berlaku secara nasional dan melakukan pembinaan terhadap secara nasional, termasuk menyelanggarakan kegiatan di kota bima dengan menghadirkan pimpinan tinggi ANRI. pada saat menduduki direktur sdm kearsipan dan sertifikasi, disamping merumuskan kebijakan dan melakukan pembinaan, juga bertindak sebagai tim penilai angka kredit dan asesor nasional bagi arsiparis. 

Ia juga sebagai ketua tim perumusan kebijakan tentang pemerintah daerah baik dalam pembahasan undang-undang pemerintahan daerah maupun peraturan pelaksanaanya, khususnya dalam bidang kearsipan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sering terlibat pembahasan dengan kementerian dan lembaga terkait, termasuk unit kerja terkait di kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah.

Disamping itu juga aktif dalam organisasi profesi Asosiasi Arsiparis Indonesia sebagai komandan Tagana AAI dan asesor nasional AAI.
Memiliki pengalaman dalam membina pemerintah daerah tidak hanya pada saat menjabat sebagai direktur SDM Kearsipan dan sertifikasi, tetapi juga ketika menduduki jabatan Direktur Kearsipan Daerah 1. sebagai direktur kearsipan,  telah malang melintang dalam melakukan pembinaan terhadap pemerintah daerah, khususnya dibidang kearsipan dilingkangan wilayah indonesia timur, termasuk kota bima. 

Saat ini sebagai Tim Pembahas Antar Kementerian Rancangan Pearturan Pemerintah tentang Manajemen ASN dan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pelindungan Data Pribadi.

Sekedar Info publik. DR.M.Sumitro berlatar belakang pendidikan mulai dari s 1 di FH Unram, S2 Administrasi Publik, STIA LAN,  s 2 FH Universitas Muhamadyah Jakarta, dan S3 Ilmu Hukum di Universitas Krisna Dwipayana. Disamping mengikuti Pendidikan formal, juga telah mengikuti ADUM, SPAMA, PKN 2 dan PKN 1. Disamping itu juga telah mengikuti pendidikan regular di Lembaga ketahanan Nasional selama tujuh setengah bulan pada tahun 2018. Kajiannya, tentang optimalisasi penyelesaian penyalahgunaan wewenang melalui peradilan tata usaha negara.

Pada tahun 2018 disamping menyelesaikan Pendidikan di Lemhannas, juga menyelesaikan pendidikan S 3 Hukum di Universitas Krisnadwipaya, dengan indeks prestasi 4.0, kajiannya disertasinya “ prinsip pemidanaan perbuatan hukum administrasi negara (studi kasus penerapan sanksi pidana terhadap penyalahgunaan wewenang). Ia juga pada tahun 2010 telah mengikuti pendidikan khusus advokat dan pada bulan lalu telah mengikuti ujian profesi advokat yang diselenggarakan oleh peradi. 

Ke-dua sosok Pejabat Birokrasi tersebut, sama - sama Hebat dan memiliki integritas. Terutama Pembangunan infrastruktur, juga terbangunnya SDM Aparatur jajaran Pemkot Bima yang terus semangat menorehkan kinerjanya memberi pelayanan terbaik untuk rakyat, walau kondisi Pemkot Bima saat ini tengah dihadapkan dengan kasus hukum di KPK ( upaya banding) dugaan tindak pidana Korupsi oleh Ex Walikota Bima H. Muhammad Lutfi,SE. Publik daerah ini siap menerima Siapapun Keputusan Mendagri RI untuk menjadi Pj.Walikota Bima Pengganti Antar Waktu. (Jev londa).