4 Tokoh Terkemuka Tanah Bima, Minta Pj Gubernur NTB Dan Mendagri Angkat Sekda Kota Bima Jadi Pj Walikota Bima

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

4 Tokoh Terkemuka Tanah Bima, Minta Pj Gubernur NTB Dan Mendagri Angkat Sekda Kota Bima Jadi Pj Walikota Bima

Rabu, 17 Juli 2024




Kota Bima. Londa Post.- Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum sudah resmi mengajukan surat pengunduran diri dari Jabatanya dengan alasan ikut Kontestasi Pilkada Kota Bima 2024 mendatang pada 10 Juli 2024 baru lalu. Namun dibalik pengunduran diri Pj Walikota Bima HM.Rum, sudah dilakukan Pengusulan ulang 3 nama calon pengganti Pj Walikota Bima oleh DPRD Kota Bima untuk mengganti pj walikota Bima yang mengundurkan diri ke Mendagri Ri untuk dilakukan Verifikasi dan penilaian sekaligus penentu akhir salah satu 3 nama untuk direkom sebagai Pj Walikota Bima pengganti antar waktu.

Sebagaimana dukutip arahan mendagri Tito Karnavian yang mengatakan, penunjukan penjabat (pj) gubernur, bupati, walikota melalui proses yang panjang sebagaimana diatur dalam undang-undang. Proses itu dimulai dari penjaringan nama-nama calon. Pada tahap ini, klaim Tito, pihaknya mendengar usulan atau masukan dari masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

Atas dasar ini" Media Londa Post" mencoba meminta isi hati dan suara masyarakat, para tokoh terkemuka tanah Bima, DAN sebelumnya DIBERITAKAN LONDA POST EDISI 19 MEI 2024 LALU, yang pada umumnya menyuarakan bahwa penjabat pengganti Pj Walikota Bima HM.Rum nantinya adalah Figur Putra Daerah yang memahami karakteristik dan budaya daerah. Kebetulan nama Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa adalah figur calon pj walikota Bima yang diusulkan Rakyat melalui DPRD Kota bima senin 7 juli 2023 di Kemendagri RI dari 3 nama calon yaitu Edy Suharmanto, Ir.Mohammad Rum dan H.Muhtar Landa. 

Berikut deretan Tokoh Bima-Kota Bima yang meminta agar Figur Sekda kota Bima Drs.H.Muhtar Landa yang memahami Karakteristik daerah, budaya daerah, hingga ruang lingkup kebirokrasian jajaran Pemkot Bima cocok menjadi pj walikota Bima pengganti antar waktu: 

1. DR.Nasution, M.Pd, Rektor Universitas Nggusu Waru Bima. 2. Alfian Indrawirawan,S.Adm, Ketua DPD II P.Golkar Kota Bima,3. Drs H. Tajudin, mantan Sekda Kota Bima, 4. Casman,SH,MH (Praktisi Hukum senior tanah Bima).

DR.Nasution kepada Londa Post mengatakan, pihaknya bukan menilai baik atau tidak layak 3 figur calon Pj Walikota Bima yang telah diusulkan DPRD Kota Bima dan Pemrov NTB, namun lebih pada figur yang memahami langsung kondisi Kota Bima saat ini." Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar Landa adalah pejabat Eselon IIa didaerah yang cukup memahami kondisi masyarakat terutama kalangan Birokrasi, juga figur komonikatif dan membangun komonikasi dengan kalangan Akademisi di daerah cukup baik selama ini, tentu kami pihak akademisi berharap Sekda Kota Bima cocok memimpin daerah ini sebagai Pj Walikota Bima." Jelas DR.Nasution Via Hp Londa Post 17 Juli 2024 Rabu pagi tadi.

Ketua DPD II Golkar Kota Bima, Alfian Indrawirawan,S.Adm yang juga Ketua DPRD Kota Bima, dikonfirmasi Londa Post, mengaku sependapat dengan pandangan Akademisi terkait figur Sekda Kota Bima cocok menjadi Pj Walikota Bima. Lembaga DPRD sesuai arahan Kemendagri telah mengusulkan 3 nama calon Pj Walikota Bima." Sudah diajukan 3 nama yaitu Sekda Kota Bima H.Muhtar Landa, DR.Muh Sumitro dan Ir.Natsir, sementara figur Sekda Drs. H.Muhtar adalah pilihan Fraksi Golkar." Ucapnya.

Tokoh masyarakat Kota Bima yang juga mantan Sekda Kota Bima, Drs.H.Tajudin kepada media ini mengatakan, pihaknya selaku mantan pejabat tinggi di daerah ini sangat mengenal dan tau persis rekam jejak Sekda Kota Bima Drs. H.Muhtar Landa." Pak Muhtar cukup berpengalaman dan memahami kondisi birokrasi, dan pernah menduduki jabatan Plt Walikota Bima 2018. Apalagi yang bisa kita ragukan." Ucapnya.

Menurut mantan birokrsi senior ini, yang paling penting dipertimbangkan Pj Gubernur NTB dan  Mendagri adalah, penempatan Pj Walikota Bima harus sosok figur yang memahami kondisi rill yang dihadapi birokrasi Kota Bima saat ini." Pengamatan kami masyarakat saat ini, sangat perlu Pj Walikota Bima tidak hanya memahami karakteristik budaya daerah, namun juga seorang Pj Walikota Bima harus mampu menjaga Kondisi keharmonisan lingkungan birokrasi, apalagi saat ini jelang pilkada. Drs.H.Muhtar Landa sekda Kota Bima dinilai mampu menjaga netralitas ASN jajaranya." Jelas H.Tajudin.

Sementara Tokoh muda tanah Bima yang juga Praktisi Hukum senior Casman,SH,MH dimintai tanggapanya mengatakan, pihaknya sangat setuju jika Pj Walikota Bima dijabat Sekda Kota Bima H.Muhtar." Pak Sekda sudah memahami karakter masyarakat Kota Bima, apalagi kalangan birokrasi, dan Sekda H.Muhtar pasti diterima semua elemen masyarakat kota Bima untuk menduduki jabatan sementara sebagai Kepala Daerah pengganti antar waktu dari pengunduran diri Pj Walikota Bima H.Rum." jelas Casman.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi NTB Ir. Lalu Hamdi, M.Si. selaku pejabat berwenang dalam memberikan informasi publik khusus Pergantian antar Waktu (PAW) PJ Kepala Daerah lingkup pemprov NTB dikonfirmasi mengatakan, pihaknya mengaku mengetahui usulan 3 nama calon Pj Walikota Bima oleh DPRD Kota Bima." Yah..sudah kita ketahui, untuk 3 nama usulan Pemprov Calon pj walikota Bima ke mendagri sedang dalam proses, dan secepatnya kami bahas dan menyusul atas usulan dari DPRD Kota Bima." Jelas Karo Tatapem NTB 17 Juli 2024 Rabu pagi tadi. (Jev londa).