10 Bulan Menjabat, M.Rum Pj.Walikota Bima Satupun Belum Tuntaskan Janjinya Pada Rakyat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

10 Bulan Menjabat, M.Rum Pj.Walikota Bima Satupun Belum Tuntaskan Janjinya Pada Rakyat

Jumat, 14 Juni 2024

 



Kota Bima. Londa Post.- Fakta Sulit Dibantah, dari hasil penelusuran Londa Post satu pekan dalam pertengahan Juni 2024 ini, baik dari hasil wawancara sejumlah Tokoh daerah ini, Pimpinan Dewan, hingga sejumlah mantan pejabat pemkot Bima, PULUHAN JANJI PJ WALIKOTA BIMA SATU-PUN TAK TERWUJUD selama 10 bulan sejak September 2023-Juni 2024 menjabat Pj Walikota Bima.
 
Kepada Media Londa Post, Sejumlah pihak mengemukakan dari apa yang di-ikrarkan Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum (M.RUM) diberbagai kesempatan dan dipublikasi sejumlah media Lokal maupun regional Propinsi NTB ini. Puluhan janji sudah dipaparkan untuk kemaslahatan Rakyat dan kemajuan Kota Bima, namun satupun belum dapat di wujudkan.

SIMAK SEDERET PAPARAN JANJI M.RUM dirangkum "Media Londa Post" sejak pelantikanya selaku Pj Walikota Bima 26 September 2023 atau 10 (sepuluh bulan) masa kepemimpinanya. " JANJI YANG BISA DITERIMA LOGIKA MASYARAKAT NAMUN SATUPUN BELUM DIWUJUDKAN.

(1).- Satu jam usai pelantikan di tanggal 26 September 2023, M.Rum bertemu secara ekslusif di studio Tribunlombok memaparkan program awalnya untuk 3 bulan dengan dana APBD Perubahan Kota Bima 2023, ingin membangun Galangan Kapal di pelabuhan bima dan mewujudkan Kota Bima yang bersih dengan menata kebersihan di pojok-pojok kota dan perbaikan drainase yang se-irama dengan JARGONYA " KOTA BIMA GEMILANG." ??? Ini belum terwujud.

(2). iNewsLombok.id (9/10-2023)- memberitakan Pj Walikota Bima Tuntaskan krisis air bersih melalui, kerjasama dengan Negara Korea untuk pemanfaatan teknologi penyulingan air laut. "Berdasarkan rekom dari Pj Gubernur, kami akan membantu membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Minum di bawah Dinas PUPR," ucap Rum. Item Pembangunan Kantor UPTD air bersih dan jaringan perpipaan hingga saat ini belum diwujudkan, lagipula infrastruktur dn aset operasional air bersih di kota bima saat ini masih milik PDAM Kabupaten Bima.

(3). Pj. Walikota Bima berjanji akan Membangun Jogging Track And Sea Viewing Deck di Taman Wisata Amahami. Program ini menggarap destinasi pariwisata sebagai salah satu pemasukan daerah yang menjanjikan. Juga akan menghadirkan industrialisasi bawang goreng di Kota Bima. 
Tapi apa yang terjadi ???, tidak terwujud di APBDP 2023, dan APBD 2024 saat ini.

(4). Pj Walikota Bima berjanji Ganti rugi bangunan masyarakat di bantaran sungai Padolo Kota Bima tahun 2023. Ini belum mampu direalisasikan Pemkot Bima hingga tahun 2024. Akhirnya saat ini, seluruh warga yang bermukim dikawasan sepanjang Sungai Padolo Kota Bima merasa kecewa. Dikutip Pemberitaan (Media Online Obor Bima 5 Des 2023).

(5). Pj Walikota Bima Ir.Mohammad Rum, memimpin Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Camat dan Lurah se-Kota Bima di Aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis, 23 November 2023. " Kita siapkan reward hadiah umroh gratis bagi kelurahan dengan kategori kelurahan bersih dan kelurahan yang terjaga keamananya, dan setiap kebaikan yang dilakukan maka Allah akan berikan kebaikan dan kemudahan bagi umatnya." Demikian Kutipan LONDA POST Statemen Pj walikota Bima. Hingga saat ini Janji tersebut belum terwujud.

(6). Pj Wali Kota Bima, M. Rum, Senin, 27 November 2023, menandatangani MoU Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). MoU itu berisi Komitmen Pemanfaatan Bank Sampah Induk (BSI) dan Optimalisasi Program Pengurangan Sampah di Kota Bima. Penandatanganan MoU difasiltasi Anggota Komisi IV DPRI, DR HM Syafrudin ST.,MM. Ini juga belum terwujud di tahun 2024 ini.

Ketua Komisi II DPRD Kota Bima, Taufik H.Abd.Karim,SH kepada Londa Post mengatakan; Pihaknya membenarkan belum satupun rencana program pj walikota Bima terwujud selama 10 bulan menjabat. " Saya justru mempertanyakan sederet rencana program kerja Pj walikota bima belum tuntas satupun diluar Program prioritas Pemerintah pusat, jikapun sudah direncanakan pada APBDP 2023, tentu diawal tahun 2024 ini sudah harus ada yang terrealisasi." Ucapnya.

INI CATATAN LONDA POST sebagai Info Rakyat Kota Bima (sumber BPBD Kota Bima Juni 2024)

RINCIAN WILAYAH TERDAMPAK KEKERINGAN DAN KEKURANGAN
AIR BERSIH DI KOTA BIMA TAHUN 2024

1. TANJUNG1.829 JIWA
2. PARUGA 1.368 JIWA
3. DARA 2.855 JIWA
4. PANE 720 JIWA
5. SAMBINAE 1.000 JIWA
6. PANGGI 450 JIWA
7. MANGGEMACI 1.134 JIWA
8. KENDO 708 JIWA
9. PENANAE 409 JIWA
10. MELAYU 3.780 JIWA
11. JATIBARU TIMUR 1.287 JIWA
12. JATIBARU 227 JIWA
13. KODO 96 JIWA

Total Warga Terdampak     
Kekeringan Kekurangan Air Bersih saat ini sejumlah 15.863 JIWA

DAMPAK DAN KERUGIAN AKIBAT
BENCANA KEKERINGAN Tersebut:
(1).Masyarakat kesulitan mendapatkan akses air
bersih untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk kebutuhan masak, minum maupun MCK.
(2).Masyarakat mengeluarkan biaya untuk membeli air dengan harga Rp.350.000 per tangki.
(3).Petani kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian sehingga berimplikasi pada menurunnya hasil pertanian
juga tidak sedikit yang gagal panen karena kebanyakan lahan berupa lahan tadah hujan. 

Lantas apa yang bisa M.Rom lakukan melihat fakta ini, sedang pihak Pj M.Rom dalam waktu dekat dikabarkan akan mengundurkan diri dari jabatan Pj Walikota Bima untuk ikut Pilkada daerah ini  ?.. Mari kita tunggu saja. (Jev Londa).